Senin, 16 April 2018

PORT USB PS3 TIDAK MAU MENDETEKSI DEVICE (STICK/USBFLASHDISK). BAGIAN 2

Anda telah mengukur. Port USB pada PS3, Tidak ada masalah.
Semua tersambung dengan benar, Tidak ada jalur yang putus,
Baik pada Pin1 dan Pin2,  Semua terukur normal dengan OHM.
Lantas. mengapa Port USB tersebut,  Masih tidak bisa berfungsi dengan benar?
Ya, patokannya adalah nilai tegangan 12Vdc dan 5Vdc harus ada didapat ketika kita ukur, Pada R3420 harus terdapat 12Vdc dan pada C3418 harus terdapat 5Vdc. Nilainya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

PERHATIKAN : Gambar dibawah ini, CN3301, Adalah port USB PS3, Pastikan Pin nya, Tidak ada yang Bengkok, Putus, Karat, dan Bersatu. Ukurlah dari PIN USB,  Sampai ke Pin head dibawahnya,  Tentu dengan menggunakan satuan OHM, Dengan skalar "X10" , Apakah ada jalur putus?  Jika tidak, Dapat dipastikan Port USB, Tidak bermasalah. dan lanjut ke pemeriksaan berikutnya.



PERHATIKAN : Gambar dibawah ini, Periksalah kedua Part dibawah ini, Sebaiknya anda Cabut keduanya,  Dan ukurlah,  Terlepas dari Mainboardnya. Hal ini berguna, Agar menghindari pengukuran dengan hasil yang bias. Atau tidak detil, Jadi baik atau buruk nya, Dapat terukur secara VALID. Part yang anda harus pastikan benar adalah R3420 dan C3418.



BAGAIMANA jika kita sudah ukur, Ternyata kedua Part ini bagus. Tetapi Nilai tegangan 12Vdc dan 5Vdc tidak didapatkan, Lantas apa yang harus kita lakukan? Tentu jika kita melihat sebuah sungai, Pasti ada HULUdan ada HILIR nya, Jadi sama dengan kasus ini, Kita harus buka EBOOK dan lihat, Tegangan 12Vdc yang seharusnya ada pada R3420, Berasal dari mana? dan darimana tegangan 5Vdc berasal? yang seharusnya berada pada C3418?

Untuk menjawab pertanyaan diatas Periksalah (Dioda) D3315 dibawah ini, Setiap kaki Input maupun Outputnya, Harus memiliki Tegangan 12Vdc. Perhatikan posisi atau letak Dioda D3315 seperti gambar dibawah ini.



PERHATIAN :
Jika D3315 ini. Salah satu Pin, atau kedua Pin nya. Tidak mengeluarkan tegangan sebesar 12Vdc,  Maka Gantilah part D3315 tersebut. Dengan part D3315 yang baru, Karema part tersebut, Bisa dianggap RUSAK,  jika hanya salah satu, Atau keduanya, Sama sekali tidak mengeluarkan tegangan.



Jika ternyata tegangan INPUT pada part D3315 tidak keluar 12Vdc, Maka patut diukur adalah part dibawah ini. Yang memiliki kode nama FB3304, Ukurlah pada testpointnya, Harus terukur 12Vdc, jika tidak, GANTI-lah. lihat pada gambar dibawah ini.



Jika sekarang FB3304 terukur tidak ada 12Vdc, biarpun FB3304 sudah diganti, Maka masalahnya bisa saja jalur dari kaki ke 5 IC3303 putus, Periksalah, Dan jika setelah diukur oleh OHM jalur aman dan tidak ada masalah. Maka masalah sebenarnya ada pada IC3303. Periksalah kaki ke 5 harus bermuatan tegangan 12Vdc. Jika terukur tidak ada. Maka GANTI-lah IC3303 tersebut.



Sekarang bagaimana jika justru tegangan 5Vdc yang tidak ada, Ketika diukur pada Pin ke 4 di Port USB. Apa yang harus dilakukan? pertama sekali, Lihatlah, Apakah Pin ke 4 tersebut PUTUS jalur dengan Pin head yang ada dibawahnya? Ukurlah dengan menggunakan skalar OHM, pada AVOmeter. Pastikan tidak ada jalur yang putus,  Dan Pin head serta kaki ke 4 menyambung. Tidak putus. Gunakan Skalar "X10" pada OHM meter. Dan ukurlah. Jika jarum terangkat naik berarti jalur tidak putus.





Jika sudah terukur dan terbukti, Bukan masalah Jalur putus pada Pin ke 4 pada Port USB PS3 nya, Sekarang, Kita akan ukur berikutnya, Part mana yang bermasalah berikutnya, Jika tegangan 5Vdc tidak keluar,  kita akan ukur tegangan 5Vdc pada Part C3320. Lihat tegangan 5Vdc, seharusnya ada pada C3320, jika tidak ada, Cabut dan ukurlah Part C3320. Jika dari hasil pengukuran, Menyatakan bahwa C3320 tidak bermasalah, Berarti kita harus mencari tahu lagi,  Part mana yang bermasalah. yang menyebabkan tegangan 5Vdc pada C3320 tidak ada.



Sekarang periksa kembali sebuah Capasitor Mikron, Yang memiliki nomor serie C3314, Ukurlah tegangan nya, Apakah ada tegangan 5Vdc muncul? Jika tidak ada. Periksa Capasitor tersebut dengan mencabutnya dan mengukurnya, Apakah capasitor mikron tersebut mati? Jika dipastikan dengan pengukuran Capasitor tersebut tidak mati. Maka langkah selanjutnya adalah,  Memeriksa IC3303 dan periksalah Kaki ke 7. ukurlah. dan harus anda mendapatkan nilai tegangan 5Vdc.



Lihat posisi IC3303, ukurlah pada kaki ke 7, Harus bermuatan 5Vdc. Jika tidak. Patut untuk anda cabut IC tersebut, dan bersihkan, baik Pad maupun IC nya, Bersihkan semua timah yang tersisa pada kaki dan Pad nya, setelah bersih dari timah, bersihkan kembali dengan disikat menggunakan Thinner "A". Kemudian Pasang, Dan ukur kembali, Jika tidak muncul tegangan 5Vdc, berarti terpaksa IC tersebut anda GANTI.



Dan sekarang jika semuanya sudah anda lakukan. Saya berharap banyak,  Anda bisa menyelesaikan masalah  Stik atau USBFlashdisk yang tidak bisa dikoneksikan pada USB Port nya PS3. atau setidaknya, Anda sudah bisa menyelesaikan secara pribadi USB Port PS3 yang bermasalah. sekarang, Bagaimana jika PS3, tidak ada suara, padahal system suara tidak di "Mute"? dibesarkan Volume pun tetap tidak ada suara yang terdengar. lantas masalahnya dimana?



BAGAIMANA 
MENYELESAIKAN 
PROBLEM KEUANGAN?
Sewaktu umur 20 tahun, Martín mulai mencari tujuan hidup. Dia berkata, ”Saya pelajari banyak Agama dan filsafat. Saya juga pakai Narkoba. Saya kira ini dapat dan bisa untuk membantu saya, tapi ternyata tidak.” Martín pernah tinggal di Kalifornia, AS, tapi belakangan dia pindah ke Hawaii. Dia mengenang, ”Saya pikir, tempat ini adalah Firdaus.” Ternyata, pemandangan indah tidak membuatnya bahagia. Dia berkata, ”Saya sangat tertekan. Saya bahkan mau bunuh diri.” Pada saat itu, dia menangis dengan keras, dan memohon kepada Allah, ”Kalau Engkau memang ada, tolong bantu aku.” bagaimana mendapatkan hidup yang benar di dunia ini. dan kisah selanjutnya, Silahkan anda lanjutkan membaca disini.